2.1.14

Pengertian Resistor

Menurut Budiharto (2008:1) resistor adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi untuk memberikan hambatan terhadap aliran arus listrik. Resistor biasanya banyak digunakan sebagai bagian dari  rangkaian elektronika. Resistor merupakan komponen yang paling sering digunakan di antara komponen elektronika lainnya. Resistor adalah komponen yang terbuat dari bahan isolator yang di dalamnya mengandung nilai tertentu sesuai dengan nilai hambatan yang diinginkan. Berdasarkan hukum Ohm, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir.

Bentuk dari resistor sendiri saat ini ada bermacam-macam. Bentuk resistor yang paling umum dan sering di temukan di pasaran adalah berbentuk bulat panjang dan terdapat beberapa gelang warna pada tubuh resistor. Gelang warna resistor berfungsi untuk menunjukan nilai hambatan dari resistor.


Karakteristik utama resistor adalah resistansi dan daya listrik yang dapat dihantarkan. Sementara itu, karakteristik lainnya adalah koefisien suhu, derau listrik (noise) dan induktansi. Resistor juga dapat kita integrasikan ke dalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit, bahkan bisa juga menggunakan sirkuit terpadu. Ukuran dan letak kaki resistor tergantung pada desain sirkuit itu sendiri, daya resistor yang dihasilkan juga harus sesuai dengan kebutuhan agar rangkaian tidak terbakar.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Resistor, semoga postingan ini dapat bermanfaat. 

Daftar Pustaka:
Budiharto, Widodo. 2008. 10 Proyek Robot Spektakuler. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.